PENGARUH PELATIHAN EVIDENCE BASED PRACTICE TERHADAP PENGETAHUAN DAN PERSEPSI MAHASISWA KEPERAWATAN

Ikhwani, Dina Alfiana and Kusumawati, Wiwik and Afandi, Moh (2018) PENGARUH PELATIHAN EVIDENCE BASED PRACTICE TERHADAP PENGETAHUAN DAN PERSEPSI MAHASISWA KEPERAWATAN. JURNAL KEPERAWATAN, 9 (1). pp. 31-37. ISSN 2356-265X

[img] Text
PENGARUH PELATIHAN EVIDENCE BASED PRACTICE TERHADAP PENGETAHUAN DAN PERSEPSI MAHASISWA KEPERAWATAN.rtf

Download (182kB)
Official URL: http://ejournal.akperykyjogja.ac.id/index.php/yky/...

Abstract

Latar belakang : Evidence based practice adalah sebagai upaya krusial untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan yang efektif dan efisien. Pembelajaran evidence based practice sejak awal sangat penting untuk di integrasikan ke dalam kurikulum pendidikan keperawatan. Salah satu strategi pembelajaran yang digunakan adalah workshop atau pelatihan evidence based practice untuk meningkatkan pengetahuan Mahasiswa. Metode : Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen pre-post test without control group design. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa keperawatan semester 8 yang berjumlah 61 orang. Hasil : Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan tingkat penegtahuan yang signifikan antara sebelum dan sesudah dilakukan pelatihan dengan signifikansi <0.05. Persepsi mahasiswa berada dalam kategori baik (54.1%) Kesimpulan : Ada pengaruh pelatihan EBP terhadap pengetahuan Mahasiswa. persepsi mahasiswa mengenai pelatihan EBP juga positif. Sehingga pembelajaran EBP dalam kurikulum pendidikan keperawatan sangatlah penting. Kata Kunci : Evidence based practice, EBP training, knowledge improvement

Item Type: Article
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine
Depositing User: S.Kom Rahmaddika Saputra
Date Deposited: 22 Apr 2019 04:10
Last Modified: 22 Apr 2019 04:10
URI: http://repository.akperykyjogja.ac.id/id/eprint/34

Actions (login required)

View Item View Item